Rabu, 24 Jun 2009

Bali Aga !!


















































Bali 2009




Memahami keunikan Bali memang tidak boleh dilepaskan dengan tapak-tapak sejarah perkembangan Bali dari masa ke masa.







Sejarah Bali menjadi begitu unik dan khas kerana bantu oleh sikap warganya yang memberikan perhatian khusus terhadap peninggalan roh atau leluhurnya.





Kepercayaan terhadap roh 'leluhur' menjadikan perhatian terhadap peninggalan sejarah begitu tinggi di Bali.





Bahkan begitu banyak peninggalan sejarah itu diberlakukan sebagai benda keramat yang tidak boleh diperlakukan tidak semestinya oleh masyarakatnya atau tetamu yang mengunjunginya.



Dalam pengungkapan sejarah Bali, terdapat banyak zaman yang berkembang antaranya Bali di zaman Pra Sejarah, kemudian ke zaman Bali Mula, zaman Bali Aga, dan zaman Bali Modern.



keadaan dan persekitaran Bali melalui proses globalisasi dan perkembangan yang sama dengan negara-negara lain di dunia cuma mengekalkan adat, budaya dan kepercayaan yang dikekalkan terus bertahan hingga kini.





Bali bertahan atas dasar kepercayaan dan ketaatan yang kuat bahawa setiap amalan perbuatan hari ini akan memberi kesan dikemudian harinya. 60 minit 'save the world' yang dianjurkan dahulu merupaka konsep pemikiran 'nyepi' dimana semua umat hindu di Bali akan mendiamkan diri dirumah, airport ditutup, elektrik di matikan, telefon tidak berfungsi malah kenderaan dijalan raya jugak tidak bergerak.



semuanya sepi. belajarlah satu kebaikkan walau dari agama lain selagi tidak melangar syriat

Secara geografinya, Bali terletak antara pulau Jawa dan Lombok. Pulau Bali kecil, membentang kira-kira 140 km dari timur ke barat 80 km dari utara ke selatan.





Gunung berapi tertinggi yang membentang dari timur ke barat adalah gunung Agung, yang terakhir meletus tahun 1963. terletak hanya 8 selatan katulistiwa, Bali memiliki iklim tropika hanya dengan 2 musim (hujan dan kemarau yang nyata) setahun dan temperatur rata-rata 28C.





Daerah selatan yang luas dan menjadi rumah sawah yang bertingkat-tingkat yang terkenal di Bali di antara tempat yang paling menarik di dunia. Di daerah yang berbukit-bukit, daerah pesisir utara, hasil utamanya adalah kopi, rempah-rempah, sayur-sayuran, ternak dan beras.



Masyarakat Bali memiliki akar kepercayaan yang kuat dan walaupun arus kedatangan pelancong dalam jumlah besar setiap tahunnya, kebudayaan mereka masih sangat kuat dan hidup.




Agama majoritinya adalah Hindu Dharma, dan walaupun sebenarnya berasal dari India, agama masyarakat Bali adalah perpaduan yang unik dari Hindu, Budha, Jawa dan kepercayaan kuno yang hampir punah dan berbeza dari ajaran Hindu yang diamalkan di India sekarang ini.



Memiliki kreativiti tinggi sejak lahir, masyarakat Bali secara tradisional menggunakan kemahiran mereka untuk tujuan-tujuan keagamaan dan hampir seluruh karya seni indah dapat dilihat disini merupakan inspirasi dari cerita Ramayana dan cerita kepahlawanan Hindu lainnya.



Tempat tinggal masyarakat Bali yang berjumalah lebih kurang 3 juta orang kebanyakan tinggal di komuniti desa yang padat dengan keluarga besar mereka. Kota terbesarnya adalah Denpasar dan Singaraja di utara Bali.





Objek pelancongan utamanya terbentang dari Kuta sampai Seminuak. Kuta menjadi daya tarik utama kedatangan wisatawan sejak tahun 1970an kerana pantai-pantainya yang di kenal berpasir putih, tempat matahari tenggelamnya yang mempesona.



Sekarang ini, sepanjang Kuta dan Seminyak merupakan tujuan pelancongan utama dengan beratus-ratus hotel, restoran dan kedai-kedai. Bagi mereka yang mencari sedikit kedamaian dan ketenangan cenderung pergi ke penginapan-penginapan yang lebih tenang di Sanur, Candi Dasa, di pantai timur atau Lovina di bagian utara.




Nusa Dua yang berada di ujung selatan semenanjung pulau Bali, menawarkan banyak hotel lima bintang. Desa utama di Ubud, di bagian perbukitan Gianyar, juga menjadi daya tarik pelancongan dan sekarang ini dianggap sebagai pusat kesenian dan kebudayaan Bali.


Selamat Kembali, Bali kian sepi


Azizul Azli

Tiada ulasan:

Catat Ulasan